//
you're reading...
bit by bit

my vampire

My vampire is insomnia. Maksudku begini, bagi orang barat vampire kan sesuatu yang menakutkan. Bagaikan suster ngesot difilm horor Indonesia-lah. Meskipun aku bukan penderita insomnia kelas berat tapi insomnia is insomnia…sama-sama sulit tidur!! Normal people might say: “hi…you’re lucky having this insomnia..you can do whatever you like during nite time!!” Helloo….normal people…even in your vacation time, it’s so exhausting not to be able to sleep well. Sebenarnya yang lebih melelahkan bukanlah karena tidak bisa tidurnya tapi karena: being in a state of not able to sleep yet your body sends signals that you need to sleep right away. Sulit dimengerti ya?? Sederhananya: pengen tidur tapi nggak bisa… Ya udah nggak usah tidur !!! Ya nggak bisa pengennya tidur! Nah lho..bingung kan?? Itulah! Efeknya, biarpun mungkin tidurnya sudah lebih dari 4 jam tapi karena gelebakan kesana kemari dan otak terus bekerja maka hasilnya ya yang 4 jam tadi bukan tidur yang sebenarnya.

Kalau hal tersebut berlangsung semalaman aja sih…ngga masalah. Masalahnya, ini bisa berhari-hari!! Dua hari aja masih terhitung: UNTUNG! Yang paling parah kalau lagi sakit…katakan batuk..semingguan gitu…terus insomnianya ikut-ikutan datang. Kebayang ngga sih beratnya penderitaan itu. Yang ada: dobel sakit. Itu yang persis terjadi pada diriku dua mingguan lalu. Saking lelahnya tubuh ini karena batuk dan insomnia, akhirnya aku berdoa agar bisa tidur (baca:answered prayers [2]). Beneran lho setelah doa, ajaib, aku bisa tidur dengan pulas tanpa terbangun. Faktanya lagi, dengan bisa tidur selelap itu tubuhku berangsur pulih. Selain pas sakit, aku juga kesulitan tidur waktu mendekati datang bulan. Aku tidak tahu ini namanya insomnia atau bukan. Bisa saja itu bagian dari pms, which I’m suffering from. Yang pasti aku perlu ekstra berjuang pada saat-saat seperti ini.

Berbagai cara sudah kulakukan untuk menghindari si vampir ini. Salah satunya adalah dengan minum susu sebelum tidur. Memang sih membantu, tapi ada efek sampingnya, yaitu: bolak-balik pipis!! Sama juga akhirnya harus sering bangun kan?? Mana bisa kutahan sampai besok paginya biarpun pakai acara menghipnotis diri sendiri: pipisnya besok aja…pipisnya besok aja…itungan ke-3, aku lupa pipis..!!! Cara kedua, aku nyetel radio yang muterin lagu-lagu penghantar tidur. Timer sengaja kupasang sampai batas maksimum: 90 menit. Itupun kadang masih pake acara nambah…another 90 mins!!! huw…! Cara lainnya ialah muter lagu lullaby!!! Nah, yang satu ini terinspirasi dari anaknya temen yang kalo tidur pake acara muter lagu lullaby. Well, children and adults are actually having the same needs: sleep well…so what’s wrong with listening to lullaby’s songs. Beneran, aku belain hunting cd lullaby. Dengan susah payah aku mencari cd lagu yang kira-kira cocok dihati dan dimata. Banyak versi ternyata! At least, itu yang kutahu waktu hunting di sebuah gerai toko musik rohani. Sayangnya, aku belum menemukan yang versi bahasa Indonesia. Coba kalo ada, pasti kubeli juga. Hebatnya, begitu aku beli tuh cd, malamnya aku langsung kesulitan tidur. Padahal, aku dah berjanji: ini cd bakal kuputer kalo beneran ngga bisa tidur. Aku ngga mau mata dan tubuh ini jadi manja terus-terusan di-lullaby-in tiap malam…ngga sehat juga kan?? Singkat kata, kuputer juga tuh cd..bahkan sampai 2 putaran. Entah karena lagi parah ngga bisa tidur atau karena pengen dengerin semua lagunya dari awal sampai akhir..namanya juga cd baru. Kurasa tidak sampai ditengah-tengah album aku dah tertidur dengan pulas sampai pagi. Not bad…kurasa ini bisa jadi alternatif yang efektif pengobat sulit tidur.

Secara klise kukatakan bahwa persoalan tidak bisa tidur semacam ini lebih karena faktor psikis. Kalau hatimu tenang, jiwamu bahagia, tubuhmu fit sebenarnya dijamin bisa tidur dengan nyenyak. Ini berarti, kita harus berani menyerahkan segala sesuatu ke tanganNya sekaligus menjaga kesehatan tubuh kita. Jadi, olahraga sono gih…jangan berdoa aja!! Sebaliknya, olahraga sono gih…jangan berdoa mulu!! Bukankah: life is matter of balancing??

About CAR

google me, analyze me, share with me

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

