//
you're reading...
bit by bit

Dewasa

Menjadi dewasa bukan masalah hak atau kewajiban. Ini adalah sebuah keputusan yang harus diambil dengan sadar dan penuh pertimbangan karena berdampak pada kehidupan diri sendiri, orang-orang yang kita kasihi, dan lingkungan sekitar.

Di mata anak yang berpakaian merah putih, seragam biru putih adalah sebuah impian karena tidak lagi dianggap sebagai anak ingusan. Di pikiran anak yang berpakaian biru putih, warna baju biru abu-abu adalah sebuah kebanggaan yang harus dikejar secepat mungkin laiknya mendapatkan SIM untuk melakukan berbagai hal. Bagi anak seragam biru abu-abu, menjadi anak kuliahan adalah sebuah privilege. Bukan hanya karena kebebasan waktu dan aktivitas tapi juga karena tidak setiap orang mendapat kesempatan bersekolah tinggi.

Bahkan ketika sudah dewasa, ternyata proses ini berlanjut. Tetap ada tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan keberadaan diri pada saat sekarang. Ternyata, untuk dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi diperlukan serangkaian pertimbangan dan pengambilan keputusan. Disinilah banyak timbul masalah terutama jika ada beda argumentasi antara emosi dan kognitif. Ujung-ujungnya, fisik yang terserang. Karena tubuh sakit, otak tidak dapat berpikir, emosi kacau balau. Akibat langsungnya: keputusan tidak diambil secara benar karena berdasarkan faktor asal-cepat-selesai! Dampak lebih jauhnya tentu berimbas pada inner dan outer circle masing-masing.

Sebagai penutup, menjadi dewasa itu tidak mudah dan sebagai orang dewasa kita harus menjalani setiap tahapan kedewasaan kita dengan penuh ucapan syukur dan takut akan Allah. Ini yang akan membedakan tingkat kedewasaan kita dengan yang lain. Percayalah!

About CAR

google me, analyze me, share with me

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: