//
you're reading...
Cook it left!

Ganggang Kristal Jepang

Tau eksistensi ganggang kristal ini setelah di kasih dalam bentuk minuman oleh seorang kawan. Entah karena dia bosan tiap kali datang ke kantorku harus setor jatah preman: seplastik air ganggang siap minum atau karena dia sangat peduli akan kesehatanku, maka dengan semangat 45, sang kawan ini memberikan benih ganggang lengkap dengan semua peralatan plastiknya! Masih dengan perasaan bingung melihat banyaknya hal yang harus dilakukan tiap hari, akhirnya ku putuskan untuk merawat ganggang ini dengan sepenuh hati sampai aku patah semangat entah itu 2 atau 3 bulan ke depan🙂

Beberapa pesan dari sang kawan yang harus ku ingat:

  1. Ganggang harus dimandikan tiap hari dengan air galon yang baik (bukan air isi ulang atau air rebusan).
  2. Ganggang tidak boleh terkena benda selain plastik (termasuk tangan kita).
  3. Ganggang harus selalu disimpan di kulkas.
  4. Beberapa minggu setelah mengkonsumsi air ganggang, jika ada bagian tubuh yang sakit maka akan terasa makin lebih sakit. Kebenarannya? Silahkan dibuktikan sendiri ^^ Tapi setelah beberapa waktu kemudian, rasa sakit itu akan hilang dan tubuh yang sakit akan disembuhkan. Amen🙂

Berhubung sudah banyak artikel disajikan di internet, maka disini hanya menunjukkan cara dengan gambar bagaimana merawat si ganggang.

1. Tuang air ganggang melalui saringan ke wadah

2. Air yang ada di wadah dimasukkan ke berbagai botol plastik, lalu tutup!

3.a. Cuci ganggang dalam saringan dengan +/- 250 cc air galon

3.b. Air cucian ganggang bisa dibuat untuk cuci muka, atau sesuai dengan kreatifitas masing-masing

4. Isi teko dengan +/- 1 liter air galon

5. Masukkan 2 sendok makan gula pasir, aduk sampai larut

6. Masukkan 5 sendok makan air ganggang hari sebelumnya

7.a. Masukkan 5 sendok makan air ganggang hari sebelumnya

7.b. Kismis kuning/ golden raisin diganti tiap 7 hari sekali

8. Tutup teko dan pastikan ganggang mendapat lubang yang cukup untuk bernafas

9. Ganggang dalam teko yang siap dimasukkan kulkas

Akhir kata, selamat merawat ganggang setiap hari! I wish you the best of luck🙂

Tambahan informasi (setelah kurang lebih merawat dan memanen ganggang selama 4 bulan)

Yup…anda semua benar! Pada akhirnya aku cape karena tiap malam harus memanen ganggang dan bosan karena harus minum bergelas-gelas tiap hari. Ini terjadi karena volume panenan dan volume perut berbeda jauh. Akhirnya suatu saat solusi itu tiba: cukup dikembangbiakkan tapi tidak dikonsumsi! Maka ku gantilah air aqua, yang cukup bikin bangkrut, dengan air mentah. Hebatnya lagi aku membiasakan para ganggang tidak ‘dimandikan’ tiap malam tapi per 2 atau 3 malam sekali. Untungnya si ganggang nurut. Jadi bukannya malah mati tapi dia tetap berkembangbiak dengan subur. Dengan sistem ini, kalau sesekali aku pengen menikmati airnya, maka aku tinggal mengganti airnya dengan air masak.

Kalau nanti aku sudah bosan, solusi lain sudah muncul dikepala: bagi-bagi gratis sampai habis buat semua ^^

About CAR

google me, analyze me, share with me

Discussion

13 thoughts on “Ganggang Kristal Jepang

  1. buat obat ape neeh mas brouw…?

    Posted by paquita | December 12, 2011, 10:27 pm
    • mas brouw?? neng brouw kale….🙂 ini manfaatnya yang ku ambil dari lapak lain http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2010/08/23/algae-kristal-jepang-kaya-akan-manfaat. Khasiatnya ku cuplik disini dah: asma, masalah-masalah pernafasan, penyakit liver, gangguan empedu, penyakit kantung kemih dan sebagian besar penyakit-penyakit parah.
      Penyakit syaraf, benjolan-benjolan di dalam tubuh, bronchitis, saemtlichen sideroblasten (keime, bahasa jerman), serangan jantung, empedu, liver, infeksi ginjal, sakit kuning, penyakit usus, buang air besar, susah BAB, kurang darah, penyakit luar & eksim. Yang terpenting Algae menghilangkan kebusukan-kebusukan dalam usus, bisa menyembuhkannya dan itu membuat orang bisa sehat dan panjang umur. Jika perawatan penyembuhan sudah selesai, kristal algae ini tetap dipelihara seperti ditulis di bawah. Jika sudah tidak mau diminum, airnya dibuang saja atau digunakan untuk mencuci muka.

      Posted by CAR | December 13, 2011, 10:57 am
  2. mau comment*numpang* susah jg yah ngerawatnya,jujur lom ngerti neh,hehehe…nanti saya baca lg

    Posted by jenny | May 15, 2012, 4:09 pm
    • aku juga dikasih temen bibit alga kristal jepang ini, rasanya enak apalagi kalau dingin. he..he.. kita emang dikibulin sama orang jepang, yang disebut alga kristal jepang itu adalah hasil fermentasi kismis (buah anggur yang dikeringkan) yang direndam air beberapa hari. aku sudah eksperimen air aqua aku kasih beberapa butir kismis, terus aku biarin sampe beberapa hari ternyata terjadi fermentasi dan setelah pembusukan sempurna dan mengambang ada yang jatuh dari kismis yang ngambang warnanya putih, ya itulah ganggang kristal jepang. semakin lama semakin banyak seolah-olah ganggang hidup dan berkembang biak. kalau khasiatnya sih sedang aku coba, kalau pengalaman temen-temen gimana

      Posted by Yogi | October 13, 2012, 9:51 am
      • Oya?? wah patut diujicoba neh kismis jadi alga kristal di dapur Cincin🙂 Mengenai khasiatnya, terus terang aku belum pernah mengalami sendiri. Sempat ku konsumsi selama beberapa bulan, tapi kurang nampak. Maagku tetap ada kok. Atau mungkin kurang lama mengkonsumsinya?? perlu belasan tahun??🙂

        Posted by CAR | October 18, 2012, 8:11 am
  3. terimakasi buaaanyak ya atas ifonya aku akan coba

    Posted by sulkangokil@yahoo.com | July 20, 2012, 6:30 pm
  4. Tanya donk, alga ku udah lama ga ku urus. karena bosen ga berkembang”.
    akhirnya ku biaria aja itu dikulkas. pas aku liat dia udah banyak yg menyusut. apa itu mati?
    masih bisa idup ga ya?
    ciri-ciri alga mati apa? aku nyesel nelantarin dia. sekarang mamaku butuh😥
    tlg infonya ya.
    thanks before.

    Posted by Chintia | August 16, 2012, 5:24 pm
    • Pengalamaku juga sama dengan dirimu. Karena sudah malas minum jadi aku biarin saja dikulkas tanpa pernah mengganti airnya. Dia jadi kekuning-kuningan dan bentuknya mengecil. Untuk alasan tidak mau repot lagi maka aku akhirnya membuangnya. Menurut pendapatku pribadi, kemungkinan besar kalau dirawat lagi harusnya dia bisa kembali ke bentuk normal. Silahkan dicoba dan bagi pengalamannya ya. Thanks🙂 Semoga mamamu cepat pulih!

      Posted by CAR | August 28, 2012, 9:02 am
  5. okey, thankyou ya!🙂

    Posted by Chintia | September 2, 2012, 2:41 pm
  6. Boleh bantu saya bagaimana mendapat alga ini? Saya mau menolong seorang relative yang sudah divonis diabet dan akan diamputasi segera, apakah ini dapat membantu?

    Posted by Idah | October 1, 2012, 12:34 pm
  7. kalau mau beli gangang kristal di mana yah kira2… cz saya butuh… air rendaman ganggang kristal bisa buat menurunkan tekanan darah atau hipertensi ngga? klau bisa mekanisme nya gimna sih?

    Posted by fitri | June 19, 2013, 11:23 am
    • Hai mbak Fitri, maaf ya…aku kurang tau dimana belinya. Sayang, aku sudah tidak punya ganggang itu lagi karena memang perawatannya harus konsisten. Kalau pernah kubaca memang ganggang ini bisa untuk menaikkan & menurunkan tekanan darah🙂 Ngga tau juga cara kerjanya bagaimana. Mungkin harus diminum secara teratur sampai beberapa lama. Namanya juga pengobatan alternatif.

      Posted by CAR | June 20, 2013, 8:49 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: