//
you're reading...
Cook it left!

Jus Sehat Cincin

Hidup sehat itu harus diupayakan. Seninya adalah perjuangan yang harus dilakukan secara konsisten. Entah itu bersepeda, fitness, jogging…semua pasti ada nilai perjuangan dan konsistensi. Namun jangan patah arang dulu selama awal-awal menjalaninya. Fokuslah pada hasilnya kelak. Karena otomatis segala kebaikannya akan langsung kita terima dan nikmati.

Terinspirasi dari seorang kawan yang memang menjalani hidup sehat, baik dengan berolahraga rutin dan mengkonsumsi makanan/ minuman yang juga sehat, akhirnya ku putuskan untuk menjalani hidup sehat dengan cara yang kurang lebih sama. Olahraga rutin beberapa kali seminggu sudah rutin kulakukan. Sekarang saatnya untuk membuatnya semakin sehat dari dalam. Akhirnya kuputuskan untuk minum jus setiap hari! Jusnya pun tentu saja harus jus yang sehat. Itu berarti tanpa gula dan memakai segala jenis sayuran dan buah segar. Plus, dengan memakai air yang sehat pula: air matang atau air galon yang sehat.

Berdasarkan saran dari dia juga, akhirnya pertama kali mencoba campuran wortel, tomat, dan perasaan lemon. Berhubung masih uji coba maka ku tambahkan sedikit gula supaya lebih mantap rasanya. Tentu saja campuran tersebut kusaring setelah diblender. Sengaja ku pakai blender karena hanya itu alat yang kupunya. Kalau harus menunggu beli mesin juicer bisa tidak kesampaian rencana hidup sehatnya. Terus kapan lagi? Singkat kata, percobaan pertama berhasil diminum dengan sukses. Dasar orang kreatif, maka kucoba beberapa campuran tanpa melihat buku panduan. Alhasil, nyaris muntah gara-gara minum taoge yang kucampur dengan berbagai sayuran lain. Asli, ngga enak banget! Dari situ, akhirnya kuputuskan untuk mencari berbagai resep juice sehat yang ada didunia maya. Ngapain juga susah-susah mikir campuran apa yang tepat kalau diluar sana sudah banyak dibahas dan diuji coba. Plus, sudah dikasih tau manfaatnya apa saja. Kurang apa coba? Malahan aku akhirnya download aplikasi resep jus untuk hape androidku. Hidup jaman sekarang memang dibuat lebih gampang!

Dari berbagai pengetahuan yang kupelajari dari Mr. Google, akhirnya aku semakin paham banyak hal tentang dunia per-jus-an. Salah satunya, jus itu baik diminum setelah 20 menit dibuat. Jika dikonsumsi lebih dari 20 menit hasilnya tidak maksimal lagi karena buah dan sayurannya sudah teroksidasi. Sebagai contoh, kalau misalnya apel kita kupas kulitnya dan dibiarkan lama diudara maka berubah kan warnanya? Demikian pula jus! Selain itu, akan lebih baik jika minum jus sebelum sarapan sehingga sari-sarinya akan terserap dengan cepat dan mudah oleh tubuh kita. Pengalaman pribadi, setelah minum jus justru tidak banyak air yang kubuang lewat air seni. Padahal aku termasuk orang yang sering pipis. Jika dibandingkan antara minum air putih dan jus dengan volume yang sama maka aku akan sering pipis jika minum air putih. Bukti nyata, bukan? Malahan dengan minum jus, tubuhku lebih cepat merasa lapar. Aku hanya tahan lapar kurang dari sejam saja. Mungkin efek ini akan berbeda pada tiap orang. Untukku pribadi, aku merasa bersyukur karena bisa makan lebih banyak. Maklum tubuhku termasuk yang sulit menambah bobot. Dengan fakta ini, aku menambah jadwal minum jus menjadi sehari 2 kali! Sebelum sarapan dan sebelum makan malam. Tentu saja jusnya kubuat menjadi lebih variatif. Silahkan dicoba beberapa jus dibawah ini yang sudah diuji coba di dapur Cincin🙂

Serba Pisang

  1. Pisang + Melon. Ini jadi combo favoritku! Tidak menyangka rasanya bisa sesegar ini!
  2. Pisang + Kurma. Combo ini terinspirasi setelah membaca resep jus untuk si kecil yang kurus. Cocok dah!🙂
  3. Pisang + stroberi. Resep standar jadi bisa dipastikan semua orang bisa menikmatinya.

Sayuran netral: timun, tomat, wortel, lemon, jeruk nipis

Sayuran netral artinya sayuran yang nyaris bisa digabungkan dengan sayuran ‘aneh’ lainnya. Maksudnya, kadang kita agak enggan minum jus brokoli, bok choy, beet, kangkung, bayam, dan yang lainnya maka campur saja salah satu bahkan semua sayuran netral ini. Dijamin bisa menetralisir rasa yang aneh dilidah kita. Masih takut, silahkan mencoba salah satu resep ‘aneh’ ini: selada air + tomat +  wortel + parsley + bawang putih. Untuk komposisinya, silahkan diatur sesuai selera. Bawang putih cukup ambil yang paling kecil saja jika takut bau mulut. Untuk masalah rasa sebenarnya justru lebih lembut dimulut. Sangat bisa dinikmati. Sekedar tips, akan lebih baik jika sayuran hijau dan gradasinya (brokoli, kangkung, bayam, bok choy, bayam, kembang kol, dsb) direndam sebentar dengan air panas. Untuk menghilangkan ulat dan kawan-kawan.

Cara mengolah jus sehat

Jus tomat + wortel + parsley [tanpa disaring (kiri atas) & disaring (kiri bawah)]

Kelebihan lain dari mengkonsumsi jus yang banyak serat seperti selada air, bayam, dan kangkung ialah ampasnya bisa kita campurkan untuk membuat telor orek. Rasanya masih bisa dinikmati asal jangan dikasih terlalu banyak. Selain itu, ampasnya juga bisa jadi scrub pas mandi. Ngga perlu beli body scrub mahal hanya untuk menghilangkan daki, bukan? Kulit terasa lebih segar, halus dan kinclong! Namun jika ampasnya sayang untuk dibuat scrub, silahkan dicampur saja dengan air jusnya. Tidak perlu dsaring setelah diblender. Tentu akan makan waktu lebih lama untuk mengkonsumsinya karena otomatis gigi akan melembutkan ampas halus tersebut. Kelebihan lainnya ialah perut terasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama🙂 Pilihan dimulut Anda! Yang pasti semuanya langsung bisa memberikan kesegaran ke tubuh kita. Terlebih dengan cuaca yang hampir tiap hari hujan, tubuh akan lebih fit sehingga tidak mudah terserang flu. Jadi mau nunggu apalagi? Semoga tulisan di blog ini menjadi inspirasi. Ayo mulai hidup sehat dengan minum jus! Cheers!!

About CAR

google me, analyze me, share with me

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: